Selasa, 01 November 2011

Aku dan Perspektif Pikiran Sempitku...



I don't care about tomorrow
Cause I'll make today the most perfect day


Lo pernah ngga melakukan sesuatu yang ngga pake banyak pemikiran? Ya seperti yang sedang gue lakuin sekarang, nulis Blog ngga pake mikir, ngga pake khawatir ngga akan dibaca orang lain, ngga peduli apa yang gue ketik di meja kerja gue atau yang pasti sebentar lupa kalo tugas gue sebenernya numpuk banget termasuk ngumpulin KUM buat kenaikan golongan.
Lo harus lakuin apa yang sedang gue lakuin sekarang, pasang musik kesukaan lo pake earphone sekencangnya kalo perlu volume paling tinggi, kalo gue sekarang sambil dengerin lagunya Coldplay yang berjudul " Every teardrop is a waterfall" (kira-kira betul ngga ya tulisannya? eits...atrurannya jelas ngga usah perduli akan kesalahan penulisan ya toh?


Hahaha...sumpah gue bersemangat banget, tapi gue sekedar berbagi tips sama lo nih...bukannya sotoy  atau waktu kuliah banyak orang ngatain gue Siomay  alias Sotoy Many hehehe...tips gue sederhana aja dalam memulai hari, lo tuh harusnya setiap pagi bangun tidur langsung berdoa terus tersenyum ikhlas selebar-lebarnya di depan cermin di kamar lo. Gue udah melakukan hal ini dari zaman dulu kuliah. Lo bisa cek ke semua temen-temen gue baik di kantor maupun temen sepermainan kalo gue akan selalu ceria setiap harinya. Lo akan mendapat senyum gratis dari gue meskipun baru pertama kali ketemu.

Senyum tuh bisa buat segalanya menjadi lebih baik, tidak memperbaiki seluruhnya tapi gue pastikan senyum akan membuat segalanya menjadi lebih baik. Contoh nih ya...Minggu kemarin orang kantor nelpon gue siang-siang curhat masalah reimburse ban mobil kantor yang bocor ngga beres-beres, bukan masalah ban sebenernya, tapi masalahnya gue lagi tugas di luar kota ditelepon cuma gara-gara ban mobil kantor ngga bisa direimburse karena toko tempat beli ban ngga punya NPWP (parah ngga tuh?). Tapi sebenernya ada duit gue juga waktu beli ban itu jadi ya mau ngga mau gue usahain juga.
Trus kan gue tanya masalahnya ada dimana, dibilang ada ibu-ibu yang ngomel-ngomel waktu diminta surat tagihan pajak sama NPWP katanya ngga mau kasih lah, nuduh kita mau mark-up (yaelah emang ban mobil maksimal mark up bisa sampe berapa ya?serius banget kaya bahas Nazarudin). Oke ternyata masalahnya itu di bagian umum kasih tau proses pertanggungjawabannya setengah-setengah, walhasil proses jadi terhambat dan temen-temen di ruangan trauma balik ke toko ban karena udah kena semprot yang jual sebelumnya. Walhasil gue berdoa bagi Bapak-bapak yang ngasih informasi setengah-setengah semoga ngga pernah ngalamin waktu lagi BAB tiba-tiba ada kebakaran, wakakakaka....otak gue lagi eror.

Trus akhirnya gue turun tangan ke toko ban-nya lagi dan gue ketemu sama ibu-ibu yang marah-marah itu kebetulan ternyata cashier di toko ban itu. Gue lihat kondisi sekitar cari penyebab kenapa nih si Ibu ko jutek banget...sebenernya juga bukan ibu-ibu banget paling umurnya 29-30 tapi memang terlihat lebih tua karena kondisi di sekitarnya adalah cowok-cowok yang hidupnya ngga jauh dari mesin mobil, ban mobil, alat dongkrak mobil segede gaban, oli menempel di seluruh badan bahkan muka dan sebagainya.
Baru masuk si Ibu udah jutek bilang "Ini yang tanya NPWP ya? ngga ada!"
Gue bilang, "Bu, masa perusahaan ngga ada NPWP berarti ilegal donk?"
Si Ibu menjawab "Ada, tapi gue harus tanya sama si bos dulu nah si bos itu lagi uring-uringan gue males banget lo pake kesini segala lagi!" sambil ngacak-ngacak rambut dan matanya terlihat memerah menahan sesuatu.

Tuh kan, memang selalu ada yang tersimpan dalam setiap kemarahan...Terkadang orang marah itu disebabkan beberapa hal yaitu:
1. Marah karena imbas dari kemarahan orang lain
2. Marah karena rasa khawatir yang begitu besar akan terjadi sesuatu yang belum tentu terjadi
3. Marah karena menutupi kesalahan yang telah dia perbuat sendiri
4. Marah karena memang sedang ingin marah tanpa alasan jelas

But you know what ? sekali lagi gue pake jurus senyum....lo harus percaya sama yang satu ini. Gue tersenyum sama Ibu-ibu yang tadi marah trus bilang..."Bu, Ibu takut ya sama bosnya?" dan si Ibu langsung menjawab "Ya takutlah, si bos tuh kalo lagi marah suka kasar ngomongnya!" trus sekali lagi gue tersenyum dan bilang "Oke Bu gini aja, bilang sama si bos saya mau bicara sama dia." "Tapi gue takut tau ngga sih lo?"

Di posisi seperti ini jangan sekali-kali membuat orang yang takut semakin tertekan. Buat orang tersebut merasa nyaman dan yakinkan mereka kalo semua akan baik-baik saja. Padahal gue sendiri ngga yakin kalo si bos akan baik-baik aja waktu dipanggil si Ibu, wakakakaka...
"Oke gue masuk sebentar ya." si Ibu sambil komat-kamit minimal berdoa supaya ngga dilempar sepatu sama si Bos. 
Tidak selang beberapa lama si Bos keluar dari ruangan.
"Mas, memang kita ngga ada NPWP perusahaan adanya NPWP punya saya sendiri biar bayar pajaknya ngga mahal karena ada biaya pajak korporasi."

Nah...ternyata si Bos marah karena masuk ke kategori penyebab orang marah yang ke 3 (cape' deh...) Bos itu juga sedang menutupi rasa bersalahnya karena dia berbuat curang. Kebetulan gue yang notabenenya adalah dari pemerintah makannya buat dia bertambah parno. Satu masalah terselesaikan karena gue berhasil ketemu dan ngobrol langsung sama si Bos, tapi resikonya reimburse uang ban bisa gagal ditarik karena ngga ada NPWP perusahaan tempat gue beli ban. (see...yang penting ada hasil positifnya?ngeles mulu kan jadinya?wakakakaka...)

Oke skip...

Jadi sekali lagi tentang "berbuat semaunya" itu memang bisa membuat hati lega, gembira luar biasa (agak lebay) dan juga bisa membuat pikiran menjadi PLOOOONG....!

Baru 2 minggu yang lalu gue nonton acara TV yang menceritakan para pengidap HIV AIDS berprestasi di tingkat dunia pada acara pertandingan sepakbola setingkat World Cup tapi bagi para pengidap HIV AIDS. Nah lucunya hari minggu gue nonton tuh acara, hari Selasanya gue rapat di salah satu Hotel di Jakarta Pusat malah gue ketemu sama tim sepakbola pengidap HIV AIDS tersebut termasuk si kapten yang berhasil membuat panti rehabilitasi para pecandu narkoba dan rumah singgah bagi para pengidap HIV AIDS.

Awalnya gue lagi makan siang trus si kapten jalan selengean di depan meja gue. Rambut mohawk, celana pendek, badan penuh tato sampe ke leher segala, anting, kalung, sambil bawa piring mau nambah makanan. Gue pikir Yaelah ini hotel bukan warteg yang kalo mau nambah piringnya dikasih sama mba-mba yang jaga warteg. Tapi waktu gue sadar dia itu si kapten yang gue ceritain tadi langsung waktu tuh orang balik dari ambil makan, gue sapa sambil berdiri.

"Bang Ginan ya?" SKSD maha dahsyat gue ngga ngurus.
"Eh, iya Mas..." 
Gue bener-bener shock  begitu si Ginan (nama si kapten) kasih senyum yang gue pikir bener-bener ikhlas keluar dari hatinya dia (you can feel the diffrent, i'm sure that)
"Bang sama siapa? Gue lihat lo kemarin di TV sumpah gue salut banget. Semangat ya Bang!" Gue ngga abis pikir, orang udah terkena HIV AIDS masih berprestasi di tingkat internasional mengharumkan nama bangsa, masih semangat berjalan dari Bandung ke Jakarta (di TV si Ginan punya nazar akan berjalan kaki dari Bandung ke Jakarta kalo ada donatur yang mau membantu dana buat dia dan tim bolanya berangkat ke Prancis buat mengikuti kompetisi sepakbola tingkat dunia bagi para penderita HIV AIDS) dan yang ngga kalah pentingnya Ginan tetap menebarkan senyum bagi setiap orang yang menyapa atau yang dia sapa.
Anjrot gue pikir...gue aja yang masih sehat (Insya Allah) kadang ngga bisa senyum lebar nan ikhlas kalo ketemu orang yang baru kenal, ini Ginan penderita HIV AIDS yang kata orang hidupnya ngga lama lagi kasih gue senyum yang lebar dan penuh semangat padahal gue juga baru kenal di situ dan itu juga karena SKSD. Orang macam apa gue kalo kaya gini?

So...gue pikir si Ginan ini bukan dia suka berbuat seenaknya ngga pake pikiran, tapi lo bayangin penderita HIV AIDS bisa mengenyampingkan beban pikirannya akan penyakit yang dia derita atau bahkan berita-berita kematian yang semakin mendekati yang disebarkan oleh orang-orang SOK TAU di sekitar dia tapi hari itu gue lihat si penderita HIV/AIDS ini menunjukan nothing's wrong with my life, i just enjoying it dan gue cuma bisa bilang Lo gila Nan...di dalam hati gue.

Ngga cuma saat di restoran, malah waktu gue pulang dari hotel lagi nunggu taksi di lobby, si Ginan yang kebetulan juga naik taksi bareng temen-temennya malah nyamperin gue, pamit mau pulang duluan (sumpah pengen rasanya gue jedot-jedotin kepala ke tembok, ini yang pantes disebut sebagai manusia).

Jadi hidup itu apa sih? Sekedar pusing memikirkan yang dikatakan orang lain terhadap apa yang lo lakukan? Marah karena sesuatu yang dikhawatirkan secara berlebihan atau sekedar menutup keurangan diri? atau hanya menjadi bagian dari rencana orang lain tanpa punya rencana bagi diri sendiri?

Come on phal....lo harus rubah pola pikir lo mulai dari sekarang. Gue ngga menyuruh lo jadi seorang enterpreuner atau pebisnis ulung, gue ngga menyalahkan lo yang sudah memutuskan menjalankan hidup di bidang seni atau bahkan ada sebagian dari kita yang lebih memilih bekerja sebagai abdi negara (termasuk gue, wakakaka...). Gue cuma kasian kalo hidup kita dijalani tanpa ada kebahagiaan dari apa yang kita jalani. Gue cuma pengen bilang kalo lo punya pacar yang mengecewakan dan selalu membuat lo sedih maka cepet putusin dan cari pacar yang lain. Gue cuma bilang kalo bos lo di kantor hanya membuat lo seakan berada di dalam mimpi buruk yang ngga pernah tau kapan pagi akan menjelang, untuk segera menyatakan sikap tetap berada di dalam lingkup pekerjaan namun tegas menolak untuk selalu berada di dalam penindasan atau putuskan segera untuk mencari pekerjaan lain.

Sekali lagi gue cuma mau bilang...hidup itu bukan sekedar mencoret angka yang ada di tiap lembar tanggalan.  


Behind my desk
(kala hati penuh energi)



2 komentar:

  1. mas ahmed, sangat mencerahkan di hari-hari yg penuh kegelapan ini (iyo, lha mendung terus koq)

    nabi, ini bahasa nabi. hail bung ahmed. nabi duniachanchan. hihihihihihihi,,,,,

    BalasHapus
  2. hadoh Bung Otes iki bisa saja...menurut saya, kamu tuh harusnya refreshing naik motor keliling Jakarta biar ga suntuk mulu wakakakaka....

    BalasHapus